Minggu, 01 April 2012

Olm, Amfibi Buta Yang Dilindungi


Olm, atau proteus (Proteus anguinus), adalah amfibi buta endemik perairan bawah tanah gua dari karst Dinaric dari Eropa selatan. Ia hidup di perairan yang mengalirbawah tanah melalui wilayah batu kapur yang luas termasuk perairan Soca DAS dekat Trieste di Italia, melalui Slovenia selatan, barat daya Kroasia, dan Herzegovina.
Olm adalah satu-satunya spesies dalam genus Proteus nya, satu-satunya spesies Eropa dari Proteidae keluarga, dan secara eksklusif hanya Eropa gua tinggal chordate. Hal ini juga kadang-kadang disebut "ikan manusia" oleh penduduk setempat karena warnakulitnya, mirip dengan orang kulit putih (diterjemahkan secara harfiah dari Slovenia:človeška Ribica dan Kroasia: čovječja Ribica), serta "gua salamander" atau "putihsalamander . "Di Slovenia itu juga dikenal dengan nama močeril, yang diterjemahkansebagai "salah satu yang liang ke basah."



Hewan ini sangat penting untuk adaptasi untuk kehidupan yang gelap gulita di habitatbawah tanah. Mata Olm adalah belum dikembangkan, meninggalkannya buta, sementara indera lainnya, terutama penciuman dan pendengaran, yang akutdikembangkan. Hal ini juga tidak memiliki pigmentasi apapun dalam kulitnya. Berbeda dengan amfibi paling, Olm sepenuhnya air, dan makan, tidur, dan bawah air keturunan.Ini memiliki 3 jari pada anggota tubuh bagian depan, tetapi 2 jari pada kaki belakangnya. Hal ini juga menunjukkan neoteny, mempertahankan karakteristik larvaseperti insang eksternal menjadi dewasa, seperti amfibi Amerika, axolotl dan anak anjing lumpur.


Tubuh Olm adalah seperti ular, 20-30 cm (8-12 in) panjang, dengan beberapa spesimenmencapai 40 sentimeter (16 in) adalah batang silindris, seragam tebal, dan tersegmentasi dengan jarak teratur alur-alur di. myomere perbatasan. Ekor relatif pendek, lateral rata, dan dikelilingi oleh sirip tipis. Anggota badan yang kecil dan tipis, dengan berkurangnya jumlah digit dibandingkan amfibi lain: kaki depan memiliki tigadigit bukan empat normal, dan belakang memiliki dua digit bukan lima. Tubuhnya ditutupioleh lapisan tipis kulit, yang berisi sangat sedikit dari pigmen riboflavin, sehinggakekuningan putih atau pink dalam warna. Organ internal dapat dilihat bersinar melaluipada bagian perut dari tubuh. Kemiripan dalam warna dengan manusia putih adalah alasan mengapa Proteus disebut ikan manusia dalam beberapa bahasa. Namun, kulitOlm itu tetap memiliki kemampuan untuk memproduksi melanin. Ketika terkena cahaya, secara bertahap akan berubah menjadi gelap, dan dalam beberapa kasus larva jugadiwarnai. Berbentuk buah pir kepalanya berakhir dengan moncong pendekdorsoventrally rata. Pembukaan mulut kecil, dengan gigi kecil membentuk saringan untuk menjaga partikel yang lebih besar di dalam mulut. Lubang hidung sangat kecil untuktidak terlihat, tetapi ditempatkan agak lateral dekat ujung moncong. Mata kemunduranditutupi oleh lapisan kulit. Para Olm bernafas dengan insang eksternal yang membentuk dua jumbai yang bercabang di bagian belakang kepala. Mereka berwarna merahkarena menunjukkan darah kaya oksigen melalui kulit tidak berpigmen. Para Olm juga memiliki paru-paru belum sempurna, tetapi peran mereka dalam respirasi hanyaaksesori. Jenis kelamin sangat mirip dalam penampilan, dengan laki-laki memilikikloaka agak tebal daripada wanita.

Olm-olm dari sistem gua yang berbeda berbeda secara substansial dalam ukuran tubuh, warna dan beberapa karakter mikroskopis. Peneliti sebelumnya digunakan perbedaan-perbedaan ini untuk mendukung pemekaran menjadi lima spesies yang berbeda, sementara herpetologis yang modern memahami bahwa morfologi eksternal tidak dapat diandalkan untuk sistematika amfibi dan dapat sangat bervariasi, tergantung padamakanan, penyakit, dan faktor lainnya bahkan bervariasi antara individu-individu dalam sebuah populasi tunggal . Proteus anguinus sekarang dianggap satu spesies. Panjangkepala adalah perbedaan yang paling jelas di antara berbagai populasi - individu dariStična, Slovenia, memiliki kepala lebih pendek rata-rata dari mereka yang berasal dariTržič, Slovenia, dan semenanjung Istrian, misalnya.

Olm sangat rentan terhadap perubahan dalam lingkungannya karena adaptasi terhadap kondisi tertentu dalam gua. Sumber daya air di karst yang sangat sensitif terhadap segala macam polusi. Para kontaminasi air bawah tanah karst ini disebabkan oleh sejumlah besar situs pembuangan limbah tercuci oleh air hujan, serta meluapnya disengaja berbagai cairan. Refleksi dari polusi seperti di perairan bawah tanah karst tergantung pada jenis dan jumlah polutan, dan pada struktur batuan di mana air menembus. Proses pemurnian diri di perairan bawah tanah yang tidak sepenuhnya dipahami, tetapi mereka cukup berbeda dengan air permukaan. Di antara polutan kimia yang paling serius diklorinasi hidrokarbon pestisida, pupuk, polychlorinated biphenyls (PCB), yang berada atau digunakan dalam berbagai proses industri dan dalam pembuatan berbagai jenis bahan, dan logam seperti merkuri, timbal, kadmium, dan arsen. Semua zat ini bertahan dalam lingkungan, menjadi lambat, jika sama sekali, terdegradasi oleh proses alam. Selain itu, semua adalah racun bagi kehidupan jika mereka menumpuk dalam jumlah yang cukup besar. Gua Slovenia menjadi terkenal karena hewan-hewan mereka mengandung dan yang tidak dapat ditemukan di tempat lain. Karena keanehan yang Olm juga populer di kalangan kolektor, yang dapat mengancam spesies hewan dengan mengambil terlalu banyak keluar dari habitatnya.

Olm termasuk dalam Lampiran II dan IV dari Directive Habitat Uni Eropa (92/43/EEC). Lampiran II berusaha untuk melestarikan status konservasi yang menguntungkan dalam spesies hewan dan tumbuhan beserta habitatnya dengan melindungi spesies atau mendefinisikan daerah khusus konservasi. Daerah-daerah konservasi membentuk Natura 2000 jaringan. Lampiran IV lebih lanjut mendefinisikan "hewan dan spesies tanaman kepentingan masyarakat yang membutuhkan perlindungan yang ketat." Berburu atau menjaga sejumlah Olm diperbolehkan hanya dalam keadaan ketat, yang ditentukan oleh pemerintah setempat.Olm pertama kali dilindungi di Slovenia pada tahun 1922 bersama dengan semua fauna gua, tapi perlindungan itu tidak efektif dan pasar gelap yang besar muncul. Pada tahun 1982 ia ditempatkan pada daftar spesies langka dan terancam punah. Daftar ini juga memiliki efek melarang perdagangan spesies. Setelah bergabung dengan Uni Eropa, Slovenia harus membentuk mekanisme perlindungan spesies yang termasuk dalam Petunjuk Habitat Uni Eropa. Para Olm termasuk dalam daftar Red Slovenia satwa langka Postojna Gua dan gua-gua lainnya dihuni oleh Olm. Juga dimasukkan dalam bagian dari jaringan Slovenia 2000 Natura.
Di Kroasia, Olm dilindungi oleh undang-undang yang dirancang untuk melindungi amfibi, mengumpulkan hanya mungkin untuk tujuan penelitian dengan izin dari Administrasi Nasional untuk Alam dan Perlindungan Lingkungan. Status konservasi di Bosnia dan Herzegovina dan Montenegro belum didefinisikan.Dalam Daftar Merah IUCN, Olm terdaftar sebagai rentan karena distribusinya terfragmentasi dan terbatas dan populasi yang terus menurun.



Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar