Kamis, 28 Juni 2012

Addax, Jenis Kijang Langka


Addax (Addax nasomaculatus), juga dikenal sebagai kijang screwhorn, adalah spesies terancam punah dari kijang yang hidup di gurun Sahara. Seperti yang disarankan oleh nama alternatif, ini kijang pucat memiliki panjang, tanduk bengkok. Hal ini erat kaitannya dengan kijang, tetapi berbeda dari antelop lain dengan memiliki gigipersegi besar seperti sapi dan kurang kelenjar wajah khas. Meskipun sangat jarang di habitat aslinya karena berburu tidak diatur, sangat umum di penangkaran. Mereka kadang-kadang diburu sebagai trofi pada peternakan di Amerika Serikat.

Addax ini terutama herbivora, dan disesuaikan dengan tinggal di daerah dengankelangkaan air besar. Hewan ini dapat dengan mudah diburu oleh predatornya karena berjalan lambat. Karena gerakan lambat, yang Addax adalah sasaran empuk bagi predator sepertisinga, manusia, anjing pemburu Afrika, cheetah dan macan tutul. Caracals, hyena dan betis servals serangan. Addax tidak merasa terganggu dengan mudah, meskipun orangsering berubah agresif karena diganggu.


Hal ini diyakini nama "Addax" diperoleh dari kata bahasa Arab yang berarti binatang liardengan tanduk bengkok. Kata "nasomaculatus" berasal dari kata Latin "nasus" (atauawalan "naso") yang berarti hidung dan "makula" yang berarti tempat atau melihat dan akhiran - "atus" mengacu pada bintik-bintik dan tanda-tanda wajah dari kijang. Baduimenggunakan nama lain untuk Addax, yaitu istilah Arab "Bakar" (atau "bagr") "alWahsh", yang secara harfiah berarti sapi dari alam liar. Nama ini dapat digunakan untuk merujuk kepada ungulates lainnya.

Addax mendiami daerah kering, semideserts dan gurun pasir dan berbatu, tetapi hari ini hanya ditemukan berpasangan langka atau sebagai individu di gurun Sahara danbeberapa daerah tetangga. Addax ini punah di Yordania sejak tahun 1900 dan di Mesirdan Maroko pada abad pertengahan ke-20. Hewan ini pernah melimpah di Afrika utara, asliwilayah seperti Chad, Mauritania dan Niger. Pada 1972, Addax itu ditemukan terutamadi Rio de Oro, Mauritania, Mali dan Chad utara, dengan beberapa di Aljazair, LibyaSelatan, dan Utara Sudan. Jarang mana-mana kecuali di daerah tak berpenghuni di Mauritania dan Mali di Sahara Barat. Hal ini sekarang ditemukan di populasi langka di Mauritania, Mali, Chad, Niger dan hampir punah di Sudan, Aljazair, Mesir, Libya ArabJamahiriya dan barat Sahara. Beberapa Addax dapat ditemukan pada peternakan di Texas permainan di mana mereka dibesarkan untuk berburu trofi. Lihat C.B.S. program "60 Minutes" dari 1/29/2012.

Pada zaman kuno, Addax terjadi dari Afrika Utara melalui Saudi dan kawasan Mediterania timur. Gambar dari makam-makam Mesir menunjukkan kepada merekauntuk dipelihara sebagai hewan peliharaan di sekitar 2500 SM. Baru-baru ini, Addaxditemukan dari Aljazair ke Sudan, tetapi terutama karena overhunting, mereka telah menjadi jauh lebih terbatas dan langka. Gazelle Dama dan Oryx pedang juga ditemukan di daerah yang sama. Ini adalah mudah untuk berburu karena gerakanlambat, khususnya menggunakan kendaraan bermotor dan senjata otomatis. Selaindaging dan kulit sangat berharga. Ancaman lain termasuk kekeringan kronis padakehancuran, habitat gurun karena permukiman lebih manusiawi dan pertanian. Hal ini diyakini bahwa kurang dari 500 individu ada di alam liar saat ini, sebagian besar hewanyang ditemukan antara daerah Termit Niger dan wilayah Bodélé Barat Chad.

Di Israel, Yotvata Hai-Bar Cagar Alam keturunan Addax untuk mengembalikan mereka ke alam liar. Meskipun besar cadangan, seperti Ahaggar Taman Nasional dan Tasilli diAljazair, Tenere di Niger, yang Ouadi persamaan bunyi-Ouadi Achim di Chad, dan Wadibaru didirikan Howar National Park. di daerah penutup Sudan mana Addax sebelumnyaterjadi, beberapa tidak menjaga Addax lagi karena sumber daya kurang. Addax telah diperkenalkan di Tunisia dan Maroko, pertama di Bou Hedma Taman Nasional(Tunisia).




2 komentar:

  1. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

    BalasHapus